728x90 Ad Space

Search Engine

Sign Up To The Free Email Newsletter!

Want to get notified whenever we produce the latest content ? Then subscribe now to start receiving hot updates from today.

Friday 13 March 2015

Kelas dan Objek Dalam Pemrograman Delphi

By : Unknown
On : 22:31
In :
The Bigger - Education



       Bagi yang pernah mempelajari bahasa pemrograman khususnya delphi pasti anda pernah mendengar tentang kelas dan objek. Tapi tidak banyak dari anda yang mengetahui apa itu kelas dan objek dalam delphi terlebih bagi yang pemula, maka dari pada itu saya akan membagikan apa itu kelas dan apa itu objek. Tanpa basa basi ayo kita simak bersama.


       Sebuah kelas, atau type kelas, menggambarkan sebuah struktur yang terdiri atas field, method dan property, hasil jadi sebuah kelas disebut objek. field,method,dan property dari sebuah kelas di sebut komponen member.
"kelas adalah cetakan bagi objek" (Abdul Kadir: Dasar Pemrograman Perl)

       Sebuah variabel kelas sejatinya adalah variabel pointer yang mengacu kepada objek.oleh karenanya beberapa variabel bisa mengacu pada objek yang sama. Seperti variabel pointer umumnya variabel tipe kelas dapat mengandung nilai nil,namun ketika penulisan kita tidak memperlakukan variabel kelas ini sebagai mana kita mengacu pada sebuah variabel pointer.
Contoh : sebuahkelas.ukuran:=100; dimana bila variabel pointer akan dibubuhkan tanda “^”  untuk mengacu variabelnya seperti  sebuahkelas^.ukuran:=100; namun hal ini tidak bisa dilakukan.

  

       Sebuah tipe kelas  harus dideklarasikan terlebih dahulu dan diberi nama sebelum di kenali,kita tidak bisa mendefinisikan sebuah kelas didalam deklarasi variabel,pendeklarasian kelas hanya pada bagian terluar dari program atau unit bukan pada bagian procedur atau function.
Kita dapat menuliskan deklarasi sebuah kelas seperti ini:

Type
Namakelas=class (ancestorClass)
//Daftar member
End;

Dimana nama dari kelas adalah valid identifier(lihat aturan identifier dalam elemen sintak). (ancestor class) bersifat opsional ancestor di isi parent kelas yang sudah ada(telah dideklarasikan), daftar member berisi field,method, dan properti dari kelas tersebut.jika kita mengosongkan (ancestor class) maka kelas yang baru akan mewarisi kelas Tobject.tapi jika klita mengisinya dan tidak mengisi memberlist kita tidak perlu membubuhkan kata End diakhir deklarasi.

       Method yang di bubuhkan didalam deklarasi sebuah kelas hanya heading dari sebuah fungsi atau prosedur tanpa body. Gambaran body ditempatkan pada bagian lain dari program.
Mari kita lihat contoh berikut sebuah contoh deklarasi TMemoryStream sebuah kelas dari unit classes.

       Sekian postingan saya kali ini, untuk lebih lanjutnya silahkan tunggu postingan saya yang berikutnya tentang pemrograman delphi, dan yang lebih penting jangan lupa komentarnya yaaaa :)

0 komentar:

Post a Comment